Minggu, 11 April 2010

Bagaimana kriteria menilai tulisan baik atau buruk?

Bagaimana kriteria menilai tulisan baik atau buruk?
Oleh: ASM Romli

Publikasi 29/01/2003 10:44 WIB
Sumber: www.eramuslim.com
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Sebelumnya perkenalkan, saat ini kami memegang amanah sebagai ketua divisi datif yang bertugas untuk mengambil informasi dan menyebarkannya di seluruh mahasiswa di jurusan kami, yaitu Departemen Teknik Kimia ITB. Lembaga da'wahnya bernama GAMISTEK ITB.

Contoh kegiatan kami berupa buletin Al-Iftitah dan mading kampus. Berkaitan dengan tugas kami tersebut, tentunya kami memerlukan bantuan kakak-kakak sekalian di BATIC dalam hal yang berkaitan dengan jurnalistik.
Pertanyaan saya:

1. Kriteria apa sajakah yang dapat menyatakan suatu tulisan itu baik atau buruk?
2. Hal-hal apa sajakah yang diperlukan seseorang untuk menulis?
3. Bagaimana caranya agar membuat orang tertarik untuk ikut dalam suatu kegiatan tertentu, atau tertarik untuk membaca sebuah artikel?
4. Jika kami ingin mengadakan pelatihan jurnalistik, dan kami ingin agar kakak-kakak sekalian yang menjadi instrukturnya, bagaimana prosedurnya?
Atas bantuan kakak-kakak sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Zulfan Adi Putra zulfan169@om


Wa’alaikum salam wr. wb.

1. Tulisan yang baik adalah yang mudah dimengerti, informasi dan pesannya jelas, menggunakan bahasa jurnalistik, menaati kaidah bahasa, bahasannya sistematis, judulnya menarik, dan mengandung kebenaran. Kriteria lainnya, tulisan yang baik adalah yang memenuhi nilai berita (news value), yakni aktual, faktual, penting, dan menarik. Tulisan yang buruk tentu yang memiliki kriteria sebaliknya dari tulisan yang baik tersebut.

2. Hal-hal yang diperlukan seseorang untuk menulis adalah niat, motivasi, ide, referensi bagi pengembangan ide dan penulisannya, mampu berbahasa tulisan dan menguasa bahasa jurnalistik, suka membaca untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan mengasah daya analisis serta menambah referensi. Selain itu, penulis mampu menyesuaikan gaya penulisan dan gaya bahasanya dengan visi, misi, dan karakteristik pembacanya. Selengkapnya tentang hal ini, baca deh buku saya Panduan Menjadi Penulis (BATIC PRESS, 2002) dan buku saya yang terbaru berjudul Jurnalistik Terapan (BATIC-PRESS 2003).

3. Agar orang tertarik untuk ikut dalam suatu kegiatan: gencarkan publikasi atau promosi, beri rangsangan atau motivasi, dan meyakinkan manfaat yang bisa diperolehnya. Agar orang tertarik untuk membaca sebuah artikel, penuhi kriteria tulisan yang baik seperti pada poin 1.

4. Prosedurnya mengundang instruktur dari BATIC mudah saja, kirimkan proposal atau undangan ke BATIC di Jl. Dalemkaum 130-B Bandung, Tlp./Fax. (022) 4263193.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

ASM. Romli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar